23 Makanan Khas Lombok yang menggoda lidah| Pulau Seribu Masjid | Pulau Cili

Makanan dan Masakan Khas Lombok 

Makanan Khas Lombok  Bebalung


Sajian bebaung ini terkenal di lombok basisya di depot kelebet yang terletak di jalan Hos cokrominoto, Resep bebalung makanan khas lombok ini adalah daggingnya yang lunak mudah dikunyah,untuk mengambil daggingnya di tulangnya itu sangat mudah dilepaskan dengan tulangnya  dan rasa rempah – rempahnya yang sangat nikmat
Baca Juga Cara Membuat Hidangan Bebalung Iga Sapi dengan Rasa Nikmat, Jika tidak mencoba anda pasti rugi

 Makanan Khas Lombok Plecing Kangkung

Plecing Kangkung sudah menjadi makanan Khas orang Lombok Nusa Tenggara Barat, Plecing kangkung terbuat dari syauran kangkung, tomat, cabe,garam dll, Kangkung Lombok ukuran dan teksturnya lebih besar dibandingkan dengan kankung luar. Plecing kankung dimasak campur sambal tomat dan dengan rempah-rempah lainnya, Plecing Kangkun ini biasanya dijadikan menu makanan ketika membuat acara kecil - kecilan remaja Lombok Nusa Tenggara Barat, kalo menyebut makan yang satu ini sudah tidak asing lagi di pulau lombok.

Makanan Khas Lombok Sate Bulayak


Sate bulayak merupakan  makanan khas Lombok Nusa Tenggara Barat yang berisi bulayak dan Sate, bulayak sejenis ketupat yang bentuknya bulat panjang kurang lebih 1 Jengkal Telunjuk dan bungkusnya dari daun aren yang muda, Sate Bulayak di sajikan dengan bumbu Khas lombok yang khusu di campur dengan kemiri dan santen kental, sate bulayak biasanya di jual di sekitar warung yang ada di kota Matramkurang lebih Rp 20.000 sampai Rp 2.5000  persporsi cukup murah, rasanya sangat enak dengan sambal yang cukup pedas dan berasa.
Baca Juga Membuat Sate Bulayak Makanan Khas Lombok Terkenal Enak.!!

Makanan Khas Lombok Kelak Batih


Kelak Batih ini berbahan dasar biji buncis yang di campur dengan daun singkong muda serta diolah dengan bumbu rempah - rempah, sjian ini salah saatu yang jangan sampai kamu lewatkan yaitu kelah batih, buncis yang digunakkan adlah yang sudah tua sedangkan singkong  masih muda,perpaduan singkong dengan buncis dan di campur dengan bummbu  rempah-rembah yang kaya dengan sayuran istimewa. tampilan yang sederhana namun kalu masalah rasa tidak kalah juag denagn sajian yang lainnya. 
Baca Juga Membuat Kelak Batih Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat, Makknyus

 Makanan Khas Lombok Nasi Balap Puyung


Nasi Balap Payung  adalah makanan khas lombok tengah nasi balap puyung ini bisa didapatkan di luar pulau lombok atau diluar daerah, satu porsi nasi puyung biasanya terdiri dari nasi putih, nasi balap puyung  terkenal dengan rasanya yang khas  dan rasa pedasnya mematahkan lidah anda, keunikan rasa bumbunya yang khas.
Baca Juga Cara Mudah Membuat Nasi Balap Puyung Khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, Paling Sedap.

 Makanan Khas Lombok Nasi Campur


Nasi Campur adalah makanan khas lombok di Gili Trawangan yang dapat kamu coba apabila kamu menginap sekitar Gili Trawangan, Nasi Campur biasanya di jual dalam bentuk bungkusan menggunkan kertas minyak dan di daggangkan oleh pedagang pinggiran, nasi campur ini memiliki banyak ragam campuran daging  yang empuk dan rasa sambalnya yang menggoda, Nasi Campur bisa kamu temukan di berbagai wilayah indonesia umumnya dan khususnya di lombok bagian utara makanan ini banyak sekali di temukan di sekitar gili, Harga Satu Porsi sampai dengan Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 15.000, jangan lupa untuk mencoba nasi campur Khas Lombok Jika Lewat Ke Lombok Nus Tenggara Barat.
Baca Juga Cara Membuat Nasi Campur Makanan Khas Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan mudah.

 Makanan Khas Lombok Sate Tanjung


Sate tanjung merupakan makanan khas orang lombok utara memiliki rasa yang cukup pedas, terbuat dari olahan dagging ikan yang  segar, sate ini biasnya di sajikan dengan lontong atau ketupat dan urap sayur atau pelecing kangkung dan yang tidak kalah unik dengan sate tanjung ini adalah di sajikan di atas opak singkong. Jika kamu hendak kelombok jangan lewatkan kesempatn untuk mencicipi Sate Tanjung Khas Lombok Utara Nusa Tenggara Barat.
Baca Juga Sate Tanjung Pedas, Gurih Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat

 Makanan Khas Lombok Kelak Sebie


Kelak Sebie adalah makanan khas lombok yang Citra rasanya pedas karena berbahan dari cabai yang dipakai sekitar satu kilogram cabai merah, yang tidak terkalahkan kelak sebie ini adalah rasa kuahnya yang nikmat dengan santannya yang kental dan berasa pedanya di lidah, namun kita harus kuat menhan rasa pedas yang sangat dahsayat super pedas, kelak sebia lebih nikma tika di sajikan dengan terong mentah atau terong moll yang bulat, iklan tongkol bakar, dan juga kacang panjang.
Baja Juga Kelak Sayur Sebie Berbahan Dasar Cabe Rawit Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat Super Padas.

 Makanan Khas Lombok Kelak Ares


Ares Merupakan makanan Khas Lombok yang dibuat dari pohon pisang kapok muda, di masak dengan bumbu khas lombok disebut ragi blek, kelak ares banyak  dijumpai pada saat acara pernikahan, khitan, dll, kelak ares ini di masak banyak dan di campur dengan dagging sapi dan kambing, dan bisa juga di jumpai di warung – warung besar yang ada di lombok.
Baca Juga Resep Kelak Ares atau Batang Pisang Muda Makanan Khas Lombok, Nusa Tenggara Barat

 Makanan Khas Lombok Ayam Taliwang


Ayam Teiwang ini cukup terkenal di lombok bahkan sampai di luar lombok, satu porsi ayam taliwang  berlumurkan bumbu khas lombok untuk ayam taliwang dimasak dengan cara dibakar ataupun di goreng, banyak sekali warung dilombok yang menayajikan ayam taliwang sebagai menu taliwang. Harga ayam taliwang  Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 30.000 bersama dengan nasi putih.
Baca Juga Cara Masak Ayam Taliwang Dengan Mudah dan Cepat, Makanan Khas Lombok Nusa Tenggara Barat, Paling Enak.


 Makanan Khas Lombok Kelak Lebui


Kelak lebui dikenal dengan lebui kelak pangkes yang  terbuat dari kedelai hitam yang dimasak dengan campuran bumbuk kuah asam, rasanya merupakan paduan antara pedas dan asam, lebui ini sayuran yang jarang sekali ditemukan dipetani lombok karena lebui ini hanya di tanam di pinggir – pinggir sawah.

 Makanan Khas Lombok Sate Rembiga


Sate rembiga ini banyag ditemukan di daerah kota rembiga, kota mataram, biasanya sate rembiga ini disajikan bersama lontong dan nasi putih rasanya dan aromanya yang menyengatkan sehingga membuat lidah semakin ketagihan untuk mencobanya.

 Makanan Khas Lombok Beberok Terong


Beberok terong adalah makananan Khas  orang lombok, bumbu yang digunakan mirip dengan bumbu plecing kangkung namun kalau  bebrok ini sayurnya tidak dimasak tapi tapi mentahnya, sayur yang biasa di pakai membuat beberok terong ini adalah kacang panjang, terong ungu, terong bulat mol, terong panjang hijao. Beberok Terong ini biasa di sajikan dipagi hari karena di buat bumbunya cukup pedas.

 Makanan Khas Lombok Kelak Kelor


Kelak Kelor merupakan makanan khas Lombok yang berasal dari daun kelor yang dimasak menjadi sayur bening, kelak kelor pas disajikan bersama dengan nasi putih hagat serta sambal terasi khas lombok, kelor banyak sekali manfaat dan gizi yang dikandung  oleh karena itu orang lombok membuat kelor sebagai sajian makanan. Kelak kelor biasanya orang  lombok sajikan pada siang hari karena pada siang hari cuaca yang panas.kelak kelor tidak dimasak bersama dengan cabai karena itu kelak kelor biasa di santap pada siang hari.

 Makanan Khas Lombok Ikan Bakar Pantai Nipah


Di Pantai nipah ini merupakan makanan yang rekomended yang sangat banyak digemari wisata luar negeri dan lokal. Ikan bakar pantai nipah dapat kamu temukan di sepanjang  jalan dari bukit malimbu hingga tepi pantai nipah. Ikan Bakar Pantai Nipah sangat mantap jika kita makan bersama keluarga apalagi bersama sang kekasih di tepi pantai.

 Makanan Khas Lombok Kelepon Kecerit 



kenapa dibilang  kelepon kecerit karena didalam kelepon itu terdapat gula merah yang cair, pas dimakan gulanya itu mencerit keluar makanaya disebut Kelepon Kecerit, Kelepon Kecerit ini mirip dengan Kelepon yang  dijual dijawa. Jajanan yang satu ini di bungkus dengan daun pisang  dengan harga Rp. 1.000 di jual di warung –warung kecil dan pasaran,  kelepon kecerit ini ukurannya kecil sebesar ibuk  telunjuk, kelepon kecerit ini rasanya manis dengan gula merah dan di taburi parutan kelapa sehingga membuat lidah pengen mencoba untuk memcicipi lagi.

 Makanan Khas Lombok Jaje Reket


Jaja Reket merupakan makanan khas lombok yang terbuat dari banget yang dibungkus dengan Daun Pisang di bentuk bulet panjang, jaja reket lebih nikmat dijadikan timbung dengan cara dibakar jenis jajan ini dapat kamu temukan di pasar-pasar dan di lombok timur desa anjani disana basisnya Jaja reket masyarakat anjani menyebutnya dengan  nama bantal, kemapa di bilang bantal karena mirip bentuk nya dengan bantal dikemas seperti bantal, Jaje reket ini dibuat dengan pisang, ketan, santan kelapa dan penyedap rasa lainnya.

 Makanan Khas Lombok Lupis


Lupis adalah jajanan khas orang lombok yang biasa dijual di pasar-pasar  dan kalau di kampung biasa yang jual pedaggang kaki  lima, dikampung saya itu orang kalok bajak sawah masyarakat didesa itu beli upis untuk disajikan keorang pembajak sawah. Lupis ini rasanya kenyal  karna di buat dengan kentan dibungkus dengan daun pisang  rasanya manis di campuri dengan gula merah.  

 Makanan Khas Lombok Nasi Kota Raja


Nasi Kota raja ini memang tampilannya sederhana nasi dicampuri dengan, kedelai goreng, dangging rarit, dan ati-ati ayam. Rarit merupakan dagging sampi yang direbus dan di penyet kemudian di tumbuk2 setelah di kasi bumbu kemudian di goreng dan dimasak kuah, malah rasa tidak kalah enak juga di bandingkan dengan nasi-nasi di warung biasa.

 Makanan Khas Lombok Iwel dan Poteng Jaja Tujak


Iwel dan Poteng Jaja Tujak salah satu makanan khas orang lombok jajanan ini banyaknya tiga menu yaitu Iwel, Poteng, dan Jaja Tujak. Iwel adalah , Poteng adalah olahan ketan dan Daun Sager, Jaja Tujak adalah Ketan yang diolah dengan ditumbuk setelah direbus di campur dengan santan kemudian di tumbuk sampai halus.

 Makanan Khas Lombok Sate Pusut


Makanan Khas lombok Khusunya Lombok Timur Sate Pusut ini banyak ditemukan di daerah lombok timur di warung-warung  sebagai menu makanan pilihan, sate pusut berbahan dagging sapi yang di giling lembut dan serpihan kelapa, cara masaknya dai bakar dan di goreng.

Makanan Khas Lombok Sate Pencok


Makanan khas lombok Yang satu ini sangat banyak digemari di kampung, desa dampai dengan perkotaan, di kampung saya  itu setiap pagi banyak yang jualan di depan – depan rumah banyak yang menggemari sate pencok ini, terutama anak – anak banyak yan suka di beli dan dibawa ke sekolah, harga dari sate pencok ini satu tusuknya Rp. 500 sampai  Rp. 1000. Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat sate pencok ini santan kelapa yang di masak sampai warna kuning kental sebagai kuahnya dan pencoknya tepung kanji dimasukkan dalam bungkus plastik kalu ukuran sesuai keinginan dan dimasak sampai padat.

Ciri Khas yang ditemukan pada Sate pencok ini adalah siraman  bumbu pelalahnya, Citra rasanya Nikmat pedas, pecinta pedas dijamin bakal senang mencicipi menu makanan  yang satu ini, Sate pencok Juga disajikan bersama miehun dan plecing kankung sebagai pelengkap.  Dijamin perut akan kenyang lebih lama atau tahan lama.

 Makanan Khas Lombok Ayam Rarang

Tahukah anda bahwa lombok punya  menu Kas yaitu Ayam Rarang , namun tampilan ayam rarang ini di lumuri dengan  cabai rawit dan keriting sehingga mirip dengan ayam balado dengan citra rasa yang pedas, jika kamu hendak ke lombok mudah sekali menemukan makanan khas yang satu ini harga kisaran mulai Rp. 32.000 sampai dengan 35.000 untuk satu porsinya, kuliner ini lebih banyak diteukan di Lombok Timur dan Mataram Lombok Barat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "23 Makanan Khas Lombok yang menggoda lidah| Pulau Seribu Masjid | Pulau Cili"

Post a Comment