Tips Membuat Soto Ayam Yang Enak harus kamu coba saat ini



riwayatkuliner.com saat ini akan berbagi tips membuat soto ayam yang enak, berbicara masalah soto, soto apapun itu saya rasa makanan yan satu ini tidak asing bagi masayarak yang ada di indonesia ini pada umumnya, rasa soto ini cukup enak rasa kaldu dari soto ini membuat para wisatawan lokal banyak memburu makanan ini atau soto ayam, harga dari soto ini cuku murah namun pastinya mengennyangkan perut biasnya hargannya Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 15.000 per porsi.

1.Jenis Ayam
Jenis Ayam yang di pakai biasanya ayam yang tidak sudah bertelur dan yang berjenis kelamin betina dengan berat sekitar 1.5 - 2 kg , jika ingin memakai ayam yang lain tidak apa - apa dan juga tidak mesti ayam yang saya sebutan tadi, boleh memakai ayam jenis lainnya tergantung keinginan dan hobi, tapi jika memakai ayam yang berukuran besar  memiliki lapisan lemak yang tinggi akan membuat kaldu soto lebih enak.

Saya rekomendasikan jika ada ayam kampung  menurut saya lebih bagus itu karna rasa dagging ayam kampung akan lebih nikmat lagi jika memakai itu, pilih ayam kampung yang ukuran badnnya yang gemuk atau cukup besar dengan lapisan lemak yang berwarna orange kekuningan pada lapisan dagging ayam, Jika tidak punya ayam kampung di rumah bisa beli dipasar banyak kok,  tinggal dipiih aja. kalau membeli ayam kampung ke pasar ingat beli yang sehat tentunya supaya proteinnya kandungan dagging ayam tersebut lebih besar dan sehat.

2. Merebus Ayam
Merebus ayam juga sangan pentings sekali karna letak kelezatan soto ini tentunya pada tekstur dagging ayam yang matangnya merata dan rasa kaldunya yang lezat. jika ayamnya sudah siap potong ayam berukuran menjadi 4 bagian  atau bisa 8 sesuai keinginan dan setelah itu dicuci bersih dagging ayamnya, tiriskan hingga tidak ada adarah yang menempel pada dagging ayam dan kotorannya yang lain, didihkan air secukupnya dalam panci yang cukup berukuran besar supaya bisa nampung dagging ayamnya, masukkan potongan ayam yang sudah dipotong - potong tadi dengan api kecil, kemudian sambil menunggu anda persiapkan bumbunya.

3. Bumbu Soto
Sebelum meracik bumbu soto ayam ini jika sudah terkumpul bahan - bahannay seperti Kemiri, bawang merah, bawang putih, dan lada, jika soto ingin kuahnya kelihatan kuning bisa memakai Kunyit, Jika bahan - bahan sudah terkumpul sekaran tumis bumbu halus ini hingga benar benar matang hingga keluar harum wangi dari kaldu soto ayam tersebut kemudian tambahkan daun salam secukupnya, serai dan jeruk lalu masukkan ke dalam rebusan dagging ayam.

4. Dagging dan Kaldu
Rebus ayam bersama kaldu dengan bumbu hingga meresap, angkat potongan ayam lalu ditiriskan, ayam bisa digoreng atau biarkan dalam bentuk rebusan, sementara itu suwir-suwir kasar dagging ayam.
5. Pelengkap 
Pelengkap ini bisa di siapkan dan bisa tidak tergantung keinginan juga, namun kebanyakan orang orang yang menggemari makanan soto ini tidak lenkap jika tidak ada makanan pelengkapnya biasanya pelengkap ini sering di sediakan seperti perkedel, bakwan sayuran, tempe dan tahu bacem serta kerupuk.

demikian resep soto ayam ini semoga bermanfaat untuk kita semua, tunggu resep dan anekan makanan dan masakan selanjunya di riwayatkuliner.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat Soto Ayam Yang Enak harus kamu coba saat ini "

Post a Comment