Resep Membuat Nasi Sego Tempong Makanan Khas Banyuwangi, Jawa Timur

Resep Membuat Nasi Sego Tempong Makanan Khas Banyuwangi, Jawa Timur
Sego Tempong ini berasal dari banyuwangi, jawa timur. sego tempong ini berupa nasi yang bercampur dengan berbagai macam lauk pauk makanan khas banyuwangi yang tak kalah lezatnya, Sego Tepong ini bisa di bilang lalapan yang punya rasa sambal yang khas atau dicampur dengan sambal khusus banyuwangi. Menu makanan in terliha sederhana namun ngomong masalah rasa tak kalah dengan makanan lainya, yang bisa mengenyagkan sarapan, makan siang dan malam anda.
Jika anda hendak ke banyuwangi, Jawa Timur dengan alasan jalan - jalan dan sebagainya namun tak salah juga jika mencicipi masakan yang satu ini, menu masakan ini sudah banyak di sediakan di warung - warung yang ada khusunya dibanyuwangi sampai dengan rumah makan yang besar.

Asal mula dari Sego tempong ini adalah menururt cerita teman saya dulu biasanya orang banyuwangi, Jawa timur jika pergi kesawah, nasi  Tempong ini diberikan ke pada petani yang bekerja disawah, Kata tempong ini berarti  "tampar", ciri khas dari makanan ini adalah citra rasa sambalnya yang pedas dan nikmat, cocok dihidangkan pada saat makan pagi atau sarapan pagi, dan tidak kalah juga lauk pauknya yang berpariasi atau bermacam-macam dengan lauk pauk yang bervariasi memberikan Sego Tempong ini rasa yang bervariasi dengan kenik matan rasa yang bercampur adauk menjadi satu membuat jadi nikmat dan menambah selera makan lebih tinggi dan lahap.

Keistimewaan dari Sego Tempong ini adalah sambalnya, sambalnya ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan beda dari lainnya, seperti pepatah mengatakan "lain jaja lain grupuk lain bahasa lain gubuk" maksudnya beda daerah beda dialog bahasa kita, begitu juga dengan makanan banyuwangi dengan dengan lainnya pasti beda rasa khas makanannya, nah sambal dari banyuwangi ini terkenal enaknya karena racikan khas dari orag banyuwangi, sambal ini sebagai mahkota dari nasi Sego Tempong ini kenapa demikian karna tanpa ada sambalnya mungkin nasi Sego Tempong ini tidak berarti apa - apa. seperti pepatah bilang, ehh pepatah lagi ndak apa - apa ya??. Nasi Tempong ini jika tidak ada sambalnya yang khas ya?? kayak bagaikan taman yang tak berbunga gitu. hehe

Sekarang masalah harag dari sgo Tempong ini tentunya dari keadaannya yang sederhana namun memikat lidah begitu juga turut berduka dengan haraganya yang sederhana atau cukup relatip murah dan terjangkau bagi siapapun tidak adak yang terkecuali, nah dengan harga terjangkau tadi tergantung dari lauk pauk yang anda pilih, adapun lauk pauknya seperti Beregedel, tahu, tempe, ikan asin, dan lain-lain, masih banyak yang lainnya jadi biar tidak penasaran bisa langsung berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur.

Supaya kita tidak hanya bisanya beli aja jada, saya juga punya resep buat anda supaya bisa membuat dengan sendiri Sego Tempong ini, resep sederhana dari nasai  tempong ini ada bisa di ikuti dan di peraktikkan berikut ini:
Bahan - Bahan
   ·  50 gram tomat rentil
   ·  1 Buah Jeruk Limau
   ·  1/2 sendok teh terasi bakar
   ·  2 siung bawang putih
   ·  10 Cabai Rawit
   ·  Garam
   ·  Gula
   ·  50 garam ikan asin jambal
   ·  1 Potong  ayang yang sudah diungkep
   ·  50 grma kacang pancang
   ·  50 gram kol
   ·  1 buah terong
   ·  3 Potong tahu dan tempe
Cara - Cara Pembuatan   
      ·    Goreng semua tempe dan tahu, Angkat dan tiriskan           
      ·         Racik dambal dengan bahan tomat, bawang putih, bawang merah, terasi gula dan garam secukupnya. Jika sambal sudah jadi, masukkan perasan jeruk limau.
      ·         Goreng ayam, dadar jagung, terong yang di potong-potong seukuran jari, dan ikan asin jambal, Angkat dan tiriskan.
      ·         Rebus kacang panjang dan Kol
      ·         Ramu semua bahan yang sudah matang diatas piring, lalu disajikan

Selamat Mencoba.!
Demikian resep dari sego Tempong ini semoga bermanfaat untuk saya dan pembaca artikel ini jika adan pesan dan kesan bia coret - coret duduk dikolom komentar, oke sekian dulu, tunggu resep masakan selanjutnya tentunya lebih mudah sederhana, dan hasilnya pasti enak.. bay bay.!!
Sumber : www.haibunda.com 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Membuat Nasi Sego Tempong Makanan Khas Banyuwangi, Jawa Timur"

Post a Comment