18 Makanan Khas Jawa Tengah yang tidak Pernah Kamu Coba, Asli Enak !!

 Tempe Mendoan

Makanan yang satu ini sangat terkenal di daerah bayumas dan purwokerto, Tempe Mendoan Merupakan salah satu makanan yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat indnonesia umunya, makanan ini merupakan tempe yang digoreng menggunanakan tepung terigu dengan daun bawang. untuk pecinta makanan indonesia makanan ini sangatlah bagus bagi kesehatan tubuh. karena produk makanan dari kacang kedelai yang telah di fermentasikan.

Maknan ini banyak mengandung gizi bagi tubuh manusia seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, enzim, serat geneziten, deidzein serta komponen anti bakteri yang bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat dari makanan ini anda dapat simak sebagai berikut :
1. Dapat membantu dalam metabolisme tubuh
2. sebagai sumber protein
3. Ramah dikonsumsi bagi Penderita diabetes
4. Memiliki kandungan anti biotik natural
5. Mudah untuk dicerna
6. Tinggi akan Kandungan Kalsium
7. Membantu dalam mengurangi penyakit jantung dan kolestrol
8. Baik Bagi Orang Diet Rendah Garam
9. Dapat menangkal radiasi redikal bebas
10. Mampu menurunkan tekanan darah

Nasi Gandul


Sekilas nasi gandul mempunyai bentuk mirip dengan semur atau gulai, penyajian uniknya adalah  setiap makanan yang dibandingkan beralsakan dengan daun pisang, nasi gandul sendiri paling terkenal berasal dari gajah mati maksudnya bukan gajah yang sudah mati. namun nama kampung bernama gajah mati, dulu kampung ini melahirkan koki - koki yang handal memmasak nasi Gandul.

Kalau kamu main ke pati jangan cupa mencicipi nasi gandul, cara penyajian nasi gandul ini adalah menggunakan daun pisang rasa nasinya itu lebih gurih dari nasi yang lainnya, bahkan ada yang menambahkan daun pandan saat memasak nasi gandul ini, biar wanginya semakin sedap dan tentu saja menggugah selera makan kita,

Nasi gandul ini paling enak kalau maknanya langsung dikota pati, dengan kuah yang segar ditambah lauk berupa dagging sapi yang sudah diolah akan menjadi lengkap

Nasi Liwet


dalam nasi liwet inipun terdapat berbagai macam khasiat dan manfaat kandungan yang terdapat pada nasi liwet sangatlah beragam sebagai contoh dalam nasi liwet biasanya di sajikan dengan berbagai sayuran seperti sayuran labu siam yang dimana kita sudah ketahui bahwa dalam labu siam dimana kita telah ketahui labu siam mengandung berbagai macam manfaat dan khasiat, berikut adalah manfaat dari labu siam :
1. Menurunkan darah Tinggi
2. Meningkatkan Nutrisi dalam tubuh
3. Meningkatan Daya Ingat
4. Menigkatkan Nutrisi dalam Tubuh
5. Mengurangi Resiko Kangker
6. Sebagai Sumber Energi
7. Menguatkan Struktur Tulang
8. Menstabilkan Gula Darah
9. Mencegah Serangan Jantung
10. Mendukung Pertumbuhan
11. Menngkatkkan Mood Baik
12. Menunjang Untuk Kegiatan Diet
13. Baik Untuk Gigi
14. Mencegah adanya Kerusakan Jaringan Otot
15. Memperbaiki Fungsi Pencernaan
16. Menyuplai Vitamin pada Tubuh

TELUR ASIN

Telur asin dibuat dengan cara tradisional memakai abu gosok atau bubuk batu bata, namun sebnarnya telur asin dapat dibuat lebih peratis hanya menggunkan air dan garam, Pembuatan telurasin dapat dilakukan dirumah dengan cara tradisional bisa menggunakan telur bebek dan telur ayam, jika menggunakan telur bebek cangkang nya itu lebih tebal bagian kuning lebih besar dan lebih berminyak dari pada telur ayam.

Di jawa tengah daerah berebes terkenal sebagai penghasil utama telur asin, produksi tlur asin diberebes cukup luas sehingga tersedia sebagai pilihan kualitas telur asin, masing - masing produsen memiliki cap sendiri yang biasnya dapat dilihat pada telur. telur asin yang bernilai berkalitas memiliki ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan.

 siapa yang tidak kenal dengan telur yang memiliki beragam manfaat cukup tinggi di jawa tengah terdapat telur yang cukup unik yaitu telur asin terbuat dari telur bebek yang sudah sedemikian rupa dioalah sehingga mengasilkan rasa asin, telur asin akan tinggi terhadap serta sangat mudah dikonsumsi, bisa di konsumsi dengan nasi putih dan bisa dicampur dengan soto khas jawa tengah untuk haraganya juga cukup murah dijual Rp. 2000 sampai Rp. 3000 /butir.  
Baca Juga  Resep Telur Asin Brebes khas Jawa Tengah

TAHU PETIS


Tahu petisa adalah salah satu makanan Tradisional yaitu Tahhu goreng yang disajikan bersama saus petis , makanan satu ini adalah salah satu makanan khas yang terkeal di semarang jawa tengh, tahu yang digunakan hampir sama dengan tahu  goreng pada umumnya, namun yang membedakan Tahu Petis Ini adalah Saus Petisnya Yang memiliki rasa yang Khas.

Tahu Petis ini biasnya disajikan bersama cabai rawit, Tentunya anda yang menyukai kuliner yang pedas tentunya Tahu Petis ini cocok untuk anda, bagi yang tidak suka pedas dimakan biasa aja tampa cabe sudah terasa enak, biasanya dimakan sama nasi juga sebagai lauknya.

Tahu petis ini belum diketahui asal usulnya namun didalam perkembangan tahu petis ini menjadi salah satu jajanan yang sangtat diminati masyarakat  maupun wisatawan yang berkunung ke semarang, bagia anda pecinta kuliner makanan yang satu ini cocok dijadikan pilihan untuk dinikmati saat kamu berkunjung ke semarang,  
Baca Juga Cara membuat Tahu Petis Semarang Khas Jawa Tengah, dengan mudah.

SOTO KUDUS

Soto yang berasal dari kudus, terkadang soto kudus juga menggunakan dagging kerbau kuahnya lebih bening dan ayam, soto kudus tidak ada yang menggunakan dagging sapi karena penghormatan muslim kudus terhadap  agama hindu, damana sapi dianggap suci, namun ini hanyalah sebatas anjuran darisunan kudus. dia mengajari orang muslim untuk menghargai agama lain. budaya itu masih berlaku sampai saat ini.

Salah satu keunika dari soto kudus ini adalah menggunakan dagging kerbau, berbeda dengan lainnya menggunakan dagging sapi sebagai bahan dasarnya, dalam penajiannnya soto udus terbagi menjadi dua jenis yaitu soto kerbau dan soto ayam, kuah dan bahan pelengkapnya seperti touge irisan seledri dimasukkan kedalam mangkuk kecil, kemudian ditaburi swiran dagging ayam kalu pake ayam dan bawang goreng , untuk jenis soto kerbau dagging kerbau yang disajikan sudah masak dengan cara khusu sehingga dagging kerbau empuk dan lembut, dagging kerbau tersebut dipotong kecil - kecil dan ditaruh di atas sotonya Soto kudus ini sangat mudah kita temukan di daerah kudus karena banyak warung - warung makan menyediakan soto kudus ini, bagi kamu yang berkunjung ke kudus, jawa tengah, tidak lengkap kala kamu tidak mencoba sate kudus ini.
Baca Juga Cara Membuat Soto Kudus Makanan Khas Jawa Tengah, dijamin enak coba aja 
 . 

RONDO ROYAL


Satu keunikan makanan ini adalah namanya yaitu Rondo Royal masih belum jelas asal usulnya dimana, Rondo dalam bahasa  jawa bisa diartikan janda, dan royal diartikan Mewah, kemudian kalau digabung menjad Janda Mewah Kren kan nama makanan yang satu ini. 

Dulu ceritanya makanan ini di temukan oleh seorang janda mewah sehingga dari itulah disebut janda mewah, Rondo royal sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tape dan tepung beras, dalam proses pembuatannya, tape yang di gunakan adalah tape singkong bukan tape keta. Tape tersebut di hancurkan di bentuk bulat, lalu tape tersebut dicelup ke adonan tepung hibgga rata dan di goreng, jika ingin menikmati Rondo Royal  pada saat hangat.

GETHUK

Gethuk adalah makanan yang mneggunakan bahan dasar singkong. Gethuk dikenal ada dua macam, yaitu :

  • Gatuk (singkong yang sudah dimasak pada waktu masih panans ditaburi potongan - potongan kecil gula jawa berwarna coklat tumbukkan getuk hingga kasar).
  • Getik Lendri (denagan cara singkong dimasak dan digiling halus dengan gula pasir di cetak kecil-kecil memanjang).


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18 Makanan Khas Jawa Tengah yang tidak Pernah Kamu Coba, Asli Enak !!"

Post a Comment