Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Ala KFC

Ayam Popcorn Ala KFC atau yang sering di sebut dengan Popcorn Chicken ini memang sangat istimewa . memiliki rasa yang enak , gurih dan Crispy membuat ayam popcorn memiliki banyak penggemar . rasanya yang lezat seringkali sangat nikmat jika disantap untuk menemani nasi putih yang hangat. selain itu, Ayam Popcorn ini juga enak sekali jika dinikmati begitu saja sebagai camilan yang gurih ketika nonton tv atau berkumpul dengan keluarga .

Anda dapat menyajikannya dengan saus sambal botolan , mayonese ataupun dengan aneka sambal sesuai selera anda . Ayam Popcorn ini sebenarnya memiliki citarasa yang sama dengan ayam goreng tepung yang biasa anda santap di restauran siap saji ala KFC . namun bedanya Ayam Popcorn terbuat dari daging ayam yang dipotong kecil-kecil , yang kemudian dilumusi dengan tepung bumbu , telur dan tepung roti lalu digoreng hingga crispy . mungkin karena ayam goreng tepung ini memiliki bentuk kecil-kecil seperti popcorn sehingga di seebut Ayam Popcorn ataupun popcorn chicken .

Karena Ayam Popcorn yang memiliki ukuran yang kecil membuat ayam mampu matang sempurna hingga ke bagian dalam . hal ini sangat membantu sekali dalam proses menggoreng Ayam Popcorn . karena dapat menghindari tepung roti menjadi gosong dan berwarna terlalu kecoklatan . tepung yang digunakan untuk melapisi sang ayam memang kita akan meraciknya sendiri dengan aneka bumbu rempah alami indonesia . 

Namun bagi anda yang ingin praktis , anda dapat mengganti tepung terigu yang akan digunakan dengan tepung bumbu siap pakai yang dijual dimana-dimana . namun alangkah baiknya jika anda meracik tepung bumbu sendiri , untuk menghindari bahan pengawet. lagian cara membuat tepung bumbu sendiri sangatlah mudah . bisa jadi aneka bumbu yang digunakan sudah berada di dapur tercinta anda .

Dalam meracik tepung bumbu sendiri , kita akan menggunakan bumbu cabai sebagai penambah rasa pedasnya . namun jika buah hati anda memiliki lidah yang sangat sensitif dengan rasa pedas , maka bubuk cabai ini di skip saja . lalu usahakan pilih tepung roti yang berwarna putih dan bentuknya remah-remah roti atau bread crumsbs bukan tepung panir yang berwarna coklat dengan remahan yang halus ya .

Alasannya karena penggunaan tepung roti atau bread crumbs akan membuat Ayam Popcorn memiliki ukuran yang lebih besar dan gurih crispy . anda dapat membeli tepung roti atau Bread crumbs ini di minimarket seperti alfamart atau indomart dengan harga yang relatif murah . namun anda juga dapat menggunakan tepung roti versi mahalnya yang made in jepang dengan merk Panko . tepung roti jenis ini biasanya digunakan untuk membuat udang goreng tepung atau makanan jepang lainnya yang digoreng . 

Nah , dari pada jauh-jauh ke KFC hanya ingin menikmati Ayam Popcorn , lebih baik buat sendiri dirumah yuck . cara membuatnya mudah loh , bahan-bahan yang digunakan juga terjangkau dimana-mana . Lalu apa saja sih , bahan-bahan dan cara membuat Ayam Popcorn ini ? untuk lebih jelasnya , yuck segera disimak Resep Ayam Popcorn dibawah ini dan segera dipratekkan . :) 

Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Crispy

Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Crispy

Bahan-bahan Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) :

  • Daging ayam tanpa tulang 100 gram ( anda dapat menggunakan dada ayam )
  • Tepung terigu serba guna 1,5 sendok makan
  • Lada atau merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Lada hitam bubuk 1/4 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Cabai bubuk 1/2 sendok teh ( optional )
  • Kaldu bubuk 1/2 sendok teh
  • Bawang putih bubuk 1/4 sendok teh
  • Telur 1 butir ( kocok bersama dengan 2 sendok makan susu cair )
  • Tepung roti atau bread crumbs 1 pak
  • Minyak digunakan untuk menggoreng

Cara Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) :

  1. Langkah awal , siapkan daging ayam tanpa tulang , kemudian pukul-pukul perlahan permukaannya dengan menggunakan gagang pisau atau pemukul daging hingga daging ayam sedikit memar . lalu potong-potong daging ayam dengan ukuran 2 x 2 ceti meter .
  2. Tepung bumbu : siapkan mangkuk kecil lalu masukkan terigu , garam , gula , kaldu bubuk , merica , cabai bubuk serta bawang putih bubuk . aduk hingga semua bahan tercampur rata .
  3. Setelah itu siapkan telur yang sudah dikocok dengan susu yang anda siapkan tadi . lalu letakkan tepung roti di piring datar . letakkan 3 wadah berisi masing-masing bahan tadi di meja kerja / dapur .
  4. Nah sekarang kita akan melumuri ayam dengan bahan-bahan pencelup . pertama-tama lumuri daging ayam dengan campuran tepung bumbu , tekan dan balik-balik daging ayam hingga tepung menempel dengan rata . lalu celupkan ayam ke dalam kocokan telur kemudian gulingkan daging ayam di tepung roti , pastikan tepung roti menempel dengan rata dan sempurna .
  5. Celupkan daging ayam kembali ke telur kocok dan lumuri kembali dengan tepung roti , jadi kita melakukan hal ini sebanyak 2 kali ya . ini agar tepung menempel dengan baik pada ayam dan agar ukurannya ayam popcorn menjadi lebih besar .
  6. Terakhir goreng daging ayam ke dalam minyak panas yang menggunakan api sedang agar daging dapat matang sempurna dan tidak cepat gosong . angkat tiriskan .
  7. Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Ala KFC siap disajikan dengan sambal botolan ataupun mayonese .


Dalam resep Ayam Popcorn ini memang kita menggunakan bawang putih bubuk . namun jika didaerah anda susah didapatkan atau sedang tidak ada bawang putih bubuk di dapur , anda dapat menggantinya dengan 1 siung bawang putih yang dihaluskan dan diberi 3 sendok makan air . kemudian rendam daging ayam dalam air bawang putih kurang lebih selama 10 menit . hal ini agar daging ayam tidak bau amis dan hasil akhirnya memiliki wangi yang sedap dan rasa yang gurih .

Taraaaa , karena proses membuat Ayam Popcorn ini sangat mudah , murah dan rasanya juga lezat , kunjungan ke resto fast food pun bisa anda kurangi mulai dari sekarang . yuck segera dibuat Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Ala KFC nya dirumah . oh iya resep ayam popcorn ini dibuat hanya untuk 20 buah yah . jika anda ingin membuatnya lebih banyak silahkan tambahkan saja bahan-bahan yang digunakan sesuai takaran yang sudah kami berikan .

Terimakasih sudah membuka riwayatkuliner.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sampai bertemu diartikel resep lainnya , 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Ala KFC"

Post a Comment