Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak

Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak

Kolak Biji salak atau yang biasa di sebut candil ini merupakan makanan khas nusantara yang memiliki rasa enak dan manis . Kolak biji salak merupakan salah satu hidangan yang populer sekali pada bulan ramadhan . memiliki citarasa enak dan kenyal yang unik membuat kolak biji salak menjadi favorit saat berbuka puasa . biasa nya kolak biji salak ini dimakan selagi masih hangat ataupun dengan ditambahkan es batu agar terasa lebih segar .

Sebenarnya dalam mengolah biji salak ini sangat mudah . pada dasarnya biji salak yang mempunyai rasa enak sehingga akan selalu lezat di bikin apapun . dari biji salak yang dimasak santan , es biji salak , kolak biji salak dan lain sebagainya . intinya mau di makan hangat ataupun dingin , olahan biji salak selalu nyumi untuk dinikmati . 

Saya juga suka sekali dengan biji salak , rasa-rasanya kok kalau buat kolak terus ngga ada biji salaknya terasa ada yang kurang gitu . keluarga dirumah juga suka , jadi ya gitu kalau ramadhan tiba saatnya pesta kolak biji salak :D heheh . oh ya , biji salak ini sebenarnya bisa di buat dengan bermacam bahan . namun kali ini akan mencoba membagikan Biji salak yang menggunakan bahan ubi jalar ya .

Dalam membuat biji salak sendiri tentu saja sangat mudah . bahan-bahan yang digunakan juga terjangkau dimana-mana sehingga tak akan menyulitkan anda dalam membuatnya . nah , karena kita akan menggunakan ubi jalar sebagai salah satu bahan dalam membuatnya , jangan lupa pilih ubi yang bagus ya . biar hasilnya enak dan super-super makyus .

Untuk ubi sebelum dibuat biji salak , ubi nya dikukus terlebih dahulu ya . setelah itu baru deh dihancurkan atau dihaluskan dan dicampurkan dengan tepung sagu . bagaimana , apakah anda sudah penasaran akan bahan-bahan dan cara membuat kolak biji salak ubi ini ? jika iya yuck segera di intip Resep nya dibawah ini . jangan lupa di pratekkan ya , lalu save resepnya untuk bekal ramadhan nanti.

Bahan-bahan Kolak Biji Salak Ubi :

  • Ubi jalar 500 gram ( kukus , lalu haluskan )
  • Tepung sagu atau tepung tapioka 200 gram
  • Daun pandan 2 lembar
  • Gula merah 250 gram
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Santan kental 300 mili liter
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat Kolak Biji Salak Ubi :

  1. Langkah awal campurkan ubi dengan tepung sagu atau tepung tapioka dan garam sedikit demi sedikit sambil diuleni . jika bahan sudah tercampur rata , bentuk adonan bulat-bulat sesuai selera .
  2. Selanjutnya rebus air hingga panas , masukkan adonan hingga terlihat mengembang , angkat biji salak lalu tiriskan .
  3. Kuah Gula : pertama-tama masak 1 liter air bersama gula merah , gula pasir , daun pandan , dan garam hingga mendidih . masukkan biji salak tadi , angkat lalu sisihkan .
  4. Kemudian Kuah Santan : masak santan , garam dan daun pandan sambil diaduk hingga matang . angkat kuah santan dan dinginkan .
  5. Terakhir sajikan biji salak bersama kuah gula merahnya lalu tuangkan kuah santan nya .
  6. Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak siap untuk disajikan .

Demikian Bahan-bahan dan Cara Membuat Kolak Biji Salak Ubi nya , cukup mudah bukan ? selamat mencoba dan berkreasi sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak"

Post a Comment