Resep Membuat Bakso Tomat Special

Resep Membuat Bakso Tomat Special

Berbicara bakso , tentu saja semua orang menyukai makanan enak yang satu ini . bentuknya yang bulat dan mempunyai tekstur kenyal menjadi salah satu makanan vaforit untuk semua kalangan masyarakat luas . bakso yang memiliki rasa gurih ini biasanya disajikan dengan sayuran , bihun dan mie kuning . kuahnya yang sedap semakin nikmat dengan tambahan sambal , saus botol , kecap manis dan cuka sesuai selera .

Bakso sendiri memiliki banyak macam bentuk dan ke khasannya . contohnya untuk bakso malang , dia sangat khas dengan bakso yang bertekstur urat dan sangat khas dengan bakso tahu dan panggitnya . untuk bakso solo , bakso ini terkenal dan khas bertekstur lembut dan berisi daging cincang di dalamnya . nah untuk bakso di daerah jakarta dan bogor sangat terkenal dengan bakso super jumbonya . 

Bakso yang berukuran besar hingga 1 mangkok ini sangat terkenal dengan sebutan bakso setan untuk daerah sukabumi dan ibukota jakarta . untuk pembuatan bakso biasanya  para pedagang menggunakan daging ayam , daging sapi , daging ikan , tahu , tongkol dan lain sebagainya . namun bagaimana jadinya ya kalau sebuah tomat di isi daging atau adonan baskso sehingga sering di sebut bakso tomat ? wah tak bisa di bayangkan segarnya buah tomat yang berisikan dengan adonan bakso ini yah .

Pastinya akan terasa unik dan sedap . untuk bakso tomat sangat terkenal di daerah jakarta . karena ada salah satu warung bakso yang menyajikan bakso secara unik seperti bakso tomat atau bakso moncrot ini . mungkin untuk sebagian orang bingung dengan nama bakso tomat yang sering di sebut bakso moncrot ini . moncrot disini berasal dari tomat yang di buang isinya lalu di beri isian adonan bakso .

Lalu saat di makan atau di gigit isian bakso tomat tersebut sering muncrat-muncrat sehingga sering di sebut dengan bakso moncrot . untuk semangkok bakso moncrot biasa di hargai lima belas ribu rupiah . yah , dapat di bilang cukup murah ya . untuk kalian yang jauh dari warung bakso moncrot , jangan berkecil hati . karena dengan mengikuti resep dan cara membuatnya sepeti pada resep bakso tomat moncrot yang kami bagikan kali ini .

Kalian bisa membuatnya sendiri langsung dari dapur kalian . cara membuat bakso tomat moncrot ini dapat dibilang cukup mudah dan tidak ribet . langkah-langkah dalam membuatnya hampir sama dengan pembuatan bakso pada umumnya . hanya saja kita akan menggunakan buah tomat dalam kreasinya , penasaran ? yuck simak baik-baik atau praktekkan langsung resep dan cara membuat bakso tomat moncrotnya seperti berikut ini .

Resep Membuat Bakso Tomat 

Bahan Bakso Tomat :

  • Tomat segar Jumbo 500 gram ( lubangi tengahnya lalu keluarkan isinya )

Bahan-bahan Isian ( Bakso Urat ) :

  • Daging sapi giling 1/2 kilo gram
  • Tepung kanji 100 gram
  • Es batu 50 gram
  • Bawang putih 8 siung ( blender halus ) 
  • Telur ayam 1 butir
  • Lada bubuk 1 sendok teh
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Garam Secukupnya

Bahan Pelengkap Bakso Tomat :

  • Bihun secukupnya
  • Mie kuning secukupnya
  • Bawang merah goreng
  • Saus sambal
  • Smabal cabai 
  • Kecap manis
  • Cuka

Cara Membuat Bakso Tomat :

  1. Langkah awal campurkan daging , es batu , kaldu , bawang putih , garam dan merica blender hingga halus . masukkan ke dalam wadah , kemudian tambahkan sedikit demi sedikit tepung tapioka , aduk terus hingga semua bahan tercampur rata . tambahkan telur , aduk kembali hingga rata . cicipi adonannya , jika di rasa ada yang kurang , silahkan tambahkan .
  2. Untuk hasil yang maksimal , dalam mengaduk-aduk adonan bakso sebaiknya sampai 10-15 menit ya . sampai adonan terasa agak kenyal dan mudah untuk di bentuk ( tidak lembek dan tidak terlalu keras )
  3. Selanjutnya ambil adonan dengan sendok kecil , lalu masukkan adonan bakso ke dalam buah tomat yang sudah di buang isinya hingga penuh . lakukan lagi hingga semua adonan habis .
  4. Setelah itu rebus bakso tomat dalam rebusan air yang mendidih yang sudah di bumbui garam secukupnya . Tunggu hingga bakso matang ( ditandai dengan mengapung di permukaan air ) . angkat , tiriskan .
  5. Untuk kuah kaldu dapat di kreasikan sendiri.
Selesai , itulah bahan-bahan dan cara membuat bakso tomat special moncrotnya . cukup mudah bukan ? sajikan bakso tomat moncrot dengan bahan pelengkap agar tambah makyus . tapi kalau di nikmati dengan kuah kaldunya saja juga sudah enak dan sedap loh . nikmati selagi hangat , agar aroma wangi sang bakso tomat terasa semakin nikmat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Membuat Bakso Tomat Special"

Post a Comment