Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Makanan Sehat untuk Ibu Menyusuiwww.alodokter.com  Masa menyusui merupakan saat terpenting untuk pertumbuhan bayi sehingga asupan nutrisi perlu lebih diperhatikan. Ada bebrapa jenis makanan sehat untuk ibu menyusui yang  bisa di konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati.

Umumnya, Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi, hingga 500 kalori, untuk memastikan produk air susu mencukupi. Meski demikian,  tidak semua ibu menyusui membutuhkan tambahan kalori, hal ini tergantung dari berat badan sebelum hamil, penambahan berat badan ibu hamil dan seberapa aktif kegiatan ibu.

Beragam Makanan Sehat untuk Ibu Menysui
1. Bayam
Sayuran yang berasal dai Asia ini memilikii banyak nutrisi termasuk vitamin dan meneral yang baik utnuk tubuh, vitamin yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, Vitamin  C. Vitamin B, Kompleks, Vitamin K, dan Vitamin E, Sedagkan mneral - mineral utama yang dimiliki bayamadalah magnesium, zat besi, asam float, kalsium, potasium, dan sodium. bayam juga banyak mengandung banyak serat dan anti oksidan, selain itu, sayuran hijau yang satu ini mengandung sedikit kalori dan lemak..

Sayuran bayam memiliki zat besi yang sangat bermanfaat mencegah ibu anemia, mengkonsumsi  bayam setiap hari bermanfaat mencerdaskan otak bayi.

2. Gandum
Salah satu makana yang dianjurkan kementrian pertaniat Amerik Srikat  (USDA) untuk resep makanan sehat adalah gandum, USDA menyarankan warganya mengkonsumsi gandum setiap hari dan setidaknya sekali makan gandum utuh. Sebab, makanan yang mengandung  gandum utuh adalah sumber dari serat pangan yang di perlukan untuk kesehatan dan saluran pencernaan.

Gandum Utuh adalah gandum yang tidak dimurnikan atau tidak digiling sehingga masih terdiri daridedak dan benih, bahan ini kaya akan selenium, magnesium, dan potasium, produk yang terbuat dari gandum utuh diantaranya roti gandum, pasta gandum, dan beras merah.
Gandum kaya akan serat, sehingga bisa membuat kenyang lebih lama, Serat pada gandum bisa memebuat bayi kenyang lebih lama dan memperlancar pencernaan.

3. Brokoli
doktersehat.com Menyatakan manfaat brokoli hijau mampu menekan resiko pennyakit kangker karena mengandung anti oksidan yang sangat besar di dlam brokoli. sebuah  penilain juga menyebutkan bahwa mengonsumsi brokoli secara teratur setiap hari dapat melindungi tubuh dari bakteri perut yang berakibat pada gangguan pencernaan, salah satunya penyakit maag.

Manfaat Brokoli untuk Keehatan
- Membantu Mencegah kangker
- Detoksifikasi Tubuh
- Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi
- Meningkatkan Kesehatan Jantung
- Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
- Meningkatkan Kesehatan Otak
- Anti Inflamasi
- Anti Penuaan
- Mengontrol Diabetes
- Meningkatkan Libido
- Meningkatkan Metabolisme

Tips Memilih Brokoli Yang Bagus
1. jangan memilih brokoli yang sudah kuning atau yang sudah terlihat layu
2. Pilihlah Brokoli yang berwarna Hijau dan Segar

Efek Samping Brokoli
Jika anda mengkonsumsi brokoli secara berlebihan efeksamping yang bisa terjadi adalah sebagai berikut :
1. iritasi Usus
2. Gas atau Perut Kembung
3. Reaksi Alergi
4. Ruam Kulit

Sayuran ini cocok dikonsumsi semua orang sama seperti bayam, Brokoli juga memiliki atau mengandung asam float yang dapat mencerdaskan otak

4. Salmon
Jenis Ikan yang satu ini di percaya meningkatkan kecerdasan bayi, ikan salmin kaya DHA, serta bermanfaat membantu mengembangkan sistem syarafnya, Sesungguhnya ASI sendiri mengandung DHA, tetapi kandungan dalam salmon lebih tinggi, jadi tak ada salahnya jika kamu mengonsumsi ikan salmon setiap hari. Salmon adalah ikan yang sangat bergizi tinggi. manfaat ikan salmon tentu tidak diragukan.
Manfaat Ikan Salmon bagi Bayi
Ketika Bayi beralih dari ASI makanan padat di usia 6 bulan ke atas, si kecil tentu perlu nutrisi tambahan. bayi membutuhkan asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan pada ikan untuk memaksimalkan perkembangan otak, saraf dan mata.

Menurut Peter Bechtel dari Agricultural Research Service Alaska,  pada Salmon yang brenang ke hulu untuk bertelur, dagingnya disebut sangat lembut dan cocok untuk makanan bayi. ikan salmon sangat kaya akan manfaat , konsumsi salmon bahkan bisa memberi manfaat untuk mengoftimalkan perkembangan utak bayi jika dikonsumsi sejak hamil.

bebrapa penelitian juga menujukkan bahwa lemak omega-3 memiliki potensi untuk membantu memperlambat masalah kognitif, seperti penyakit Alzhemer dan penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

  • Membantu menurunkan depresi
  • Aman untuk penderita diabetes
  • Sunber kalsium yang baik
  • Salmon baik nagi kesehatan jantung
  • mengurangi resiko Alzheimer
5. Nasi Merah

Nasi merah adalah pilihan selanjutnya, Nasi merah mengandung kalori yang berguna untuk produksi ASI yang berkualitas tinggi. beras merah merupakan beras yang belum mengalami proses penggilingan atau pengelupasan kulit sepenuhnya, lapisan kulit yang masih menutupi bijirin beras mengandung serat dan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Adapun Manfaat Nasi Merah

  • Mengandung Srat Tinggi
  • GLycemic incex Rendah
  • Cepat Kenyang
  • Sumber Yang BAik Untuk Zat Besi
  • Kaya Akan ZINC
  • Mengandung Vitamin B-6
  • Menurunkan Kolestrol
6. Kacang Hijau
Makanan Yang Wajib di konsumsi oleh ibu menyusui kacang hijau direbus dan dikonsumsi bersana dengan airnya setiap hari, Dijamin ASI jadi makin lancar.

hellosehat.com kacang hijau adalah salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan untuk mengganti konsumsi padi. tanaman ini bisa juga dikenal dengan sebutan green gram, mung bean, golden gram, dan vigna radiate sebagai nama ilmiahnya, kacang hijau bisa ditemukan dan diproduksi di Cina, India, Asia Tenggara, dan Amerika selatan,

Ada beragam manfaat kacang hijau, mulai dari harganya yang relatif murah hingga dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang nikmat, selain itu, kacang hijau juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk mempercantik dan meningkatkan kesehatan tubuh.
Manfaat kacang Hijau,

  • Menceganh Penyakit Jantung
  • Mencagah kangker
  • Kaya Protein
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  • Membantu Menurunkan Berat badan
  • Mengurangi Efek PMS (sindrom pramenstnuasi)
  • Melancarkan Pencernaan
  • Mencerahkan Wajah dan Mengurangi Jerawat
  • Membersihkan Tubuh dari racun

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui"

Post a Comment