Daftar Lengkap Makanan Sehat

Daftar Lengkap Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


Makanan sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan yang sehat dan baik  untuk ibu hamil merupakan perhatian bagi siapa saja karena baik asupan gizi sejak anak dalam kandungan akan memberikan kesehatan bagi anak dan ibu hamil, jadi makanan dan kesehatannya perlu di perhatikan sejak umur kehamilan dari nol bulan sampai melhirkan.

Pada Usia kandungan masih muda apalagi ibu hamil muda rentan sekali mengalami keguguran, Keguguran yang sering terjadi pada ibu hamil terimester pertama adlah mual, muntah -muntah sehingga kehilangan nafsu makan dan sebagainya.

Ibu hamil muda tidak hanya makan dalam porsi yang begitu banayak, ibu juga harus memperhatikan pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang berkualitas dari makanan yang anda konsumsi dan sesuai dengan instruksi dokter.

Makanan yang ibu hamil muda perhatikan adalah makanan yang anda konsumsi harus tepat sasaran yaitu sesuia dengan pertumbuhan usia kandungan anda, jika tidak maka pertumbuhan janin yang anda kandung akan memperhambat pertumbuhan dan kesehatan pada calom bayi anda.

dari kesehatanmuslim.com dr. Raehanul bahraen menjabarkan, bebrapa hal ringkasa yang perlu diperhatiikan, terkait makanan untuk ibu hamil.

1 bulan termasuk dalam terimerter pertama (3 bulan pertama), fase ini sangat penting di perhatikan karena awal-awal pertumbuhan awal janin dan pembentukan organ..

Makanann perlu diperhatikan pada fase ini karena wanita juga terkadang terkena Mual dan muntah yang membuatnya sulit untuk makan dengan benar.

Makanan Yang Di Hindari pada fase ini :

  1. Junk Food misalnya gorengan di pinggir jalan (Minyaknya sudah sering dipakai)
  2. Makanan Olahan (Instan)
  3. Makanan atau Minuman yang mengandung gula yang berlebihan 
  4. Maknan yang bisa merangsang pencernaan berlebihan seperti terlalu pedas, banyak lemak dan lain-lain
Makanan yang di anjurkan :
  1. Makanan yang mengandung protein
  2. Buah - Buahan
  3. Sayuran dan Bijian
  4. Susu serta lemak sehat
  5. Nutrisi yang penting adalah asam float untuk perkembangan otak janin di terimester pertama, bisa didapat dari sayuran hijau.biji-bijian atau dari suplemen.
Sumber lainnya menyebutkan,  adapun contoh panduan makanan yang dapat anda gunakan pada kehamilan terimester pertama, adalah sebagai berikut:
Sarapan
  1. Jus Buah
  2. Nasi Goreng
  3. Telur mata sapi
  4. Susu/susu khusus kehamilan
Makan Siang
  1. Nasi
  2. Sayur Bening
  3. Ikan Bumbu Kuning
  4. Tempe Goreng
  5. Buah Jeruk
Makan Malam
  1. Nasi
  2. Bistik
  3. Bakwan Jagung
  4. Selada Buah
  5. Susu (menjelang tidur)

Makanan Sehat Untuk Diet

Diet membutuhkan strategi dan cara yang tepat untuk mendapatkan hasil diet yang sempurna dan sebenarnya, jika salah strategi yang tepat maka hasilnya akan merugikan anda sendiri, oleh karena itu ambil metode cara yang tepat untuk menurunkan berat badan atau diet.

Diet itu Sah-Sah saja untuk mulai berdiet jika anda punya berat badan yang ideal, Namun, anda harus pintar-pintar membuat strateginya agar rencana diet berjalan dengan mulus dan baik tanpa daha hambatan dan halangan, Angka pada timbangan akan menjolak derastis jika salah strategi. dan juga cara yang diet dapat membahayakkan kesehatan tubuh lantas, seperti apa cara menurunkan berat badan yang sehat,

Pentingnya Nutrisi yang ada dalam menu diet sehat
Tubuh perlu diberikan asupan yang terdiri dari karbohidra, Protein, lemak, berbagai vitamin dan mineral, serta air putih untuk menunjang kinerjanya. Nutrisi menupakan sangat penting bagi tubuh manusia baik bagi kesehatan dan sebagai penunjang trapi sehat lainnya,, mengkonsumsi makanan yang sehat itu wajib sehingga diet bisa di katan maksimal dan tidak ada efek negatip bagi pertumbuhan tubuh  kita.

Karbohidrat
Sumber utama bagi tubuh manusia yang berasal dari karbohidrat, Otak juga dapat bekerja maksimal jika mendapat asupan ini secara cukup, Contoh karbohidrat yang baik yaitu makanan yang terbuat dari biji - bjian utuh, sayuran, buah dan kacang - kacangan. Karbohidrat yang harus anda batasi pengonsumsinya antara lain adalah nasi putih. Minuman buah kemasan, Minuman bersoda, kripik kentang, permen, dan kue - kue yang manis

Protein
Zat ini merupakan sumber energi bagi tubuh, Asupan Protein yang cukup, sangat penting untuk pertumbuhan jaringan tubuh, membantu menjaga kesehatan tubuh, serta membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Protein didapatkan pada telur, ikan, daging, kedelai, daging unggas, keju dan kacang kacangan.

Lemak
Anda menghindar mungkin jika berhadapan dengan makanan yang mengandung lemak, namun, makanan yang berlemak tidak selalu harus dihindari, tubuh juga butuh asupan lemak untuk menjajga struktur sel dan membantu jaringan tubuh berfungsi dengan baik, menjaga sistem imun, dan membantu tubuh menyerap vitamin.

Walaupun demikian anda harus tahu batasan dalam mengkonsumsi makanan yang berlemak agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan, serta tidak meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya, Pilih makanan berlemak yang baik, seperti ikan, daging unggas, tanpa lemak minyak dari sayuran, (minyak zaitun). Batasi makanan berlemak Seperti Piza. burger, sosis, dan makanan cepat saji, karena tinggi akan lemak jenuh.

Vitamin dan Mineral
Kedua zat ini membantu organ tubuh dalam menjalankan fungsinya. Vitamin yang di butuhkan oleh tubuh adalah vitamin A,B, C, D, E, dan K. sementara mineral yang dibutuhkan tubuh, antara lain adalah kalsium, zat, besi, kalium, zinc, dan selenium.

 Contoh Menu Makanan Sehat Untuk Diet
Sarapan
Anda bisa mengisi perut anda dengan mengkonsumsi semangkuk sereal dengan taburan kismis dan susu bebas lemak , Setelah itu, Saru buah pisang berukuran kecil dan satu lembar roti dari biji - bijian utuh (whole grain ) dengan olesan margarin dan serai bisa anda santap.

Pilihan sarapan sehat lainnya yaitu oatmeal  yang dicampur kismis dan dimasak dengan margarin. untuk minumannya, Anda bisa menggak jus jeruk (250 ml) dan susu tanpa lemak (120 ml).

Makan Siang
Capcay tahud engan sayuran paprika, semangkuk nasi merah dan satu cangkir es teh lemon sekitar 250 ml.

Variasi makan malam lainnya yang bisa anda coba yaitu 140 grm salmon panggang ditaburi daun seledri, bawang, dan remah - remah roti. sajikan dengan nasi, 125 gram brokoli kuskus, dan kacang almon sekitar 250 ml.

Camilan
Contoh Camilan yang bisa anda konsumsi setiap hari  terdiri dari 250 gram yoghurt rendah lemak dicampur buah - buahan.

Cara seperti ini akan mempermudah anda dalam menurunkan berat badan, jika anda tidak mengikuti makan berat badan anda tidak berubah sesuai dengan yang anda inginkan,

Makanan Sehat Untuk Jantung

Pada kesempatan ini Riwayat Kuliner nasalah kesehatan jantung, mempertahankan kesehatan jantung itu cukup sederhana hindari makanan yang menyebabkan jantung sakit, seperti menghindari makanan ber kolestrol dan menghindari makanan yang siap saji  yang serba instan.

Menghindari resiko penyakit jantung kita perlu merubah hidup dengan pola yang sehat, seperti mengkonsumsi makanan sehat, Olahraga teratur dan juga tidak kalah penting jangan merokok.

Kelompok Makanan Sehat
Jantung yang sehat tentu jantung bekerja dengan kuat, senyawa fitonutrien yang terdapat pada sayur dan buah bisa bermanfaat.  sedangkan bagi manusia, senyawa ini sangatat membantu tubuh bekerja dengan baik.
Berikut beberapa makanan sehat yang mengandung Fitonutrien

1Kacang
disarankan perbanyak makan  kacang, seperti kacang merah sampai dengan tiga cangkir dalam satu minggu. kacang selain  kaya akan Fitonutrien baik untuk jantung, kacang - kacangan juga kaya akan kandungan seratdan air yang membuat perut kita cepat kenyang.

Kacang - Kacangan juga berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan redikal bebas sebagai penyebab kangker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.

2. Biji - Bijian Utuh
Konsumsilah biji - bijian seperti gandum, beras merah, atau jaggung sebagai bahan utama yang mengandung Karbohidrat, dapat membantu terkena berbagai penyakit.

Misalnya: Penyakit jantung, diabetes,  beberapa  jenis kangker, dan obesitas.

Karena bijian memiliki kandungan protein, serat, antioksidan, Vitamin B, dan mineral  mineral yang dimaksud adalah zat besi, zinc, dan magnesium.

3. Apel
Apel merupakan buah yang banyak diminati oleh semua orang, hanya sedikit orang yang tidak suka sama buah yang satu ini, mengkonsumsi buah apel minimal 1-2 per hari di yakini dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Apel efektip mengandung kolestrol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah, hal ini terjadi karena selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu epicatechin.

4. Bawang Putih
Bawang putih diketahui tidak memengaruhi tekanan darah, sehingga dapat sering dikonsums, Bawang putih juga dapat menghentikan garam untuk menambah rasa gurih pada makanan. hal ini baik untuk kesehatan jantung, karena semakin banyak mengkonsumsi garam akan semakin semakin tinggi resiko terkena tekanan darah tinggi, yang dapat memicu  penyakit jantung  dan stroke.

5. Anggur
Secara Umum kandungan nutrisi anggur anggur merah sangat mirip dengan anggur hitam. perbedaan yang mencolok dari keduanya  jenis buah anggur ini hanyalah rasanya, buah anggur merah juga di ketahui mengandung kalori yang lebih sedikit daripada anggur hijau.

Selain Anggur in bermanfaat sebagai pencegah penyakit jantung anggur juga baik untuk menjaga kecantikan serta kesehatan anda secara menyeluruh. seperti,Menceggah kangker, Melawan penuaan diri, mencjaga keesehatan otak, menjaga gejala alergi dan peradangan, Menurunkan kadar kolestrol, menjaga kesehatan mata, Mengendalikan gula darah, Membantu menurunkan berat badan,

Manfaat Anggur juga  berpotensi dapat mencegah penyakit jantung dan hopertensi atau tekanan darah tinggi. ini karena buah anggur mengandung serat dan flavonoid yang baik untuk mencegah kerusakan jantung.

6. Buah Beri
Beberapa manfaat kesehatan yang di kemas dalam buah berry, mulai pencegahan dan  hingga penyembuhan. ragamm buah beri, stroberi, rasberi, dan blackberry dapat dijadikan makanan sehat untuk penyakit jantung juga. rasa manis dalam buah berry  tidak memicu diabetes, Meski demikian, penelitian mengenai efek buah berry dalam melindungi kesehatan jantung masih perlu dikaji lebih lanjut.

7. Teh Hijau
Teh Hijau adalah minuman yang paling banyak di konsumsi di negara jepang, Namun, seiring berjalannya waktu, teh hijau kini mulai dipasarkan keberbagai negara, termasuk indonesia, meskipun di indonesia teh hitam lebih umum di jumpai dan di konsumsi, tetapi kini teh hijau mulai di lirik oleh masyarakat Indonesia.

Berdasarkan Hasil penelitian, mereka yang meminum lebih dari lima cangkir teh hijau dalam sehari memiliki resiko sekitar 25 persen lebih rendah mengalami kematian kematian akibat eserangan jantung dan sroke.

Namun berhati - hatilah dalam mengkonsumsi teh hijau. Minum lebih dari lima cangkir teh hijau tiap hari dapat meningkatkan resiko terkena penyakit batu ginjal.


Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

www.alodokter.com  Masa menyusui merupakan saat terpenting untuk pertumbuhan bayi sehingga asupan nutrisi perlu lebih diperhatikan. Ada bebrapa jenis makanan sehat untuk ibu menyusui yang  bisa di konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati.

Umumnya, Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi, hingga 500 kalori, untuk memastikan produk air susu mencukupi. Meski demikian,  tidak semua ibu menyusui membutuhkan tambahan kalori, hal ini tergantung dari berat badan sebelum hamil, penambahan berat badan ibu hamil dan seberapa aktif kegiatan ibu.
Beragam Makanan Sehat untuk Ibu Menysui
1. Bayam
Sayuran yang berasal dai Asia ini memilikii banyak nutrisi termasuk vitamin dan meneral yang baik utnuk tubuh, vitamin yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, Vitamin  C. Vitamin B, Kompleks, Vitamin K, dan Vitamin E, Sedagkan mneral - mineral utama yang dimiliki bayamadalah magnesium, zat besi, asam float, kalsium, potasium, dan sodium. bayam juga banyak mengandung banyak serat dan anti oksidan, selain itu, sayuran hijau yang satu ini mengandung sedikit kalori dan lemak..

Sayuran bayam memiliki zat besi yang sangat bermanfaat mencegah ibu anemia, mengkonsumsi  bayam setiap hari bermanfaat mencerdaskan otak bayi.

2. Gandum
Salah satu makana yang dianjurkan kementrian pertaniat Amerik Srikat  (USDA) untuk resep makanan sehat adalah gandum, USDA menyarankan warganya mengkonsumsi gandum setiap hari dan setidaknya sekali makan gandum utuh. Sebab, makanan yang mengandung  gandum utuh adalah sumber dari serat pangan yang di perlukan untuk kesehatan dan saluran pencernaan.

Gandum Utuh adalah gandum yang tidak dimurnikan atau tidak digiling sehingga masih terdiri daridedak dan benih, bahan ini kaya akan selenium, magnesium, dan potasium, produk yang terbuat dari gandum utuh diantaranya roti gandum, pasta gandum, dan beras merah.
Gandum kaya akan serat, sehingga bisa membuat kenyang lebih lama, Serat pada gandum bisa memebuat bayi kenyang lebih lama dan memperlancar pencernaan.

3. Brokoli
doktersehat.com Menyatakan manfaat brokoli hijau mampu menekan resiko pennyakit kangker karena mengandung anti oksidan yang sangat besar di dlam brokoli. sebuah  penilain juga menyebutkan bahwa mengonsumsi brokoli secara teratur setiap hari dapat melindungi tubuh dari bakteri perut yang berakibat pada gangguan pencernaan, salah satunya penyakit maag.

Manfaat Brokoli untuk Keehatan
- Membantu Mencegah kangker
- Detoksifikasi Tubuh
- Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi
- Meningkatkan Kesehatan Jantung
- Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
- Meningkatkan Kesehatan Otak
- Anti Inflamasi
- Anti Penuaan
- Mengontrol Diabetes
- Meningkatkan Libido
- Meningkatkan Metabolisme

Tips Memilih Brokoli Yang Bagus
1. jangan memilih brokoli yang sudah kuning atau yang sudah terlihat layu
2. Pilihlah Brokoli yang berwarna Hijau dan Segar

Efek Samping Brokoli
Jika anda mengkonsumsi brokoli secara berlebihan efeksamping yang bisa terjadi adalah sebagai berikut :
1. iritasi Usus
2. Gas atau Perut Kembung
3. Reaksi Alergi
4. Ruam Kulit

Sayuran ini cocok dikonsumsi semua orang sama seperti bayam, Brokoli juga memiliki atau mengandung asam float yang dapat mencerdaskan otak

4. Salmon
Jenis Ikan yang satu ini di percaya meningkatkan kecerdasan bayi, ikan salmin kaya DHA, serta bermanfaat membantu mengembangkan sistem syarafnya, Sesungguhnya ASI sendiri mengandung DHA, tetapi kandungan dalam salmon lebih tinggi, jadi tak ada salahnya jika kamu mengonsumsi ikan salmon setiap hari. Salmon adalah ikan yang sangat bergizi tinggi. manfaat ikan salmon tentu tidak diragukan.
Manfaat Ikan Salmon bagi Bayi
Ketika Bayi beralih dari ASI makanan padat di usia 6 bulan ke atas, si kecil tentu perlu nutrisi tambahan. bayi membutuhkan asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan pada ikan untuk memaksimalkan perkembangan otak, saraf dan mata.

Menurut Peter Bechtel dari Agricultural Research Service Alaska,  pada Salmon yang brenang ke hulu untuk bertelur, dagingnya disebut sangat lembut dan cocok untuk makanan bayi. ikan salmon sangat kaya akan manfaat , konsumsi salmon bahkan bisa memberi manfaat untuk mengoftimalkan perkembangan utak bayi jika dikonsumsi sejak hamil.

bebrapa penelitian juga menujukkan bahwa lemak omega-3 memiliki potensi untuk membantu memperlambat masalah kognitif, seperti penyakit Alzhemer dan penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

  • Membantu menurunkan depresi
  • Aman untuk penderita diabetes
  • Sunber kalsium yang baik
  • Salmon baik nagi kesehatan jantung
  • mengurangi resiko Alzheimer
5. Nasi Merah

Nasi merah adalah pilihan selanjutnya, Nasi merah mengandung kalori yang berguna untuk produksi ASI yang berkualitas tinggi. beras merah merupakan beras yang belum mengalami proses penggilingan atau pengelupasan kulit sepenuhnya, lapisan kulit yang masih menutupi bijirin beras mengandung serat dan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Adapun Manfaat Nasi Merah

  • Mengandung Srat Tinggi
  • GLycemic incex Rendah
  • Cepat Kenyang
  • Sumber Yang BAik Untuk Zat Besi
  • Kaya Akan ZINC
  • Mengandung Vitamin B-6
  • Menurunkan Kolestrol
6. Kacang Hijau
Makanan Yang Wajib di konsumsi oleh ibu menyusui kacang hijau direbus dan dikonsumsi bersana dengan airnya setiap hari, Dijamin ASI jadi makin lancar.

hellosehat.com kacang hijau adalah salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan untuk mengganti konsumsi padi. tanaman ini bisa juga dikenal dengan sebutan green gram, mung bean, golden gram, dan vigna radiate sebagai nama ilmiahnya, kacang hijau bisa ditemukan dan diproduksi di Cina, India, Asia Tenggara, dan Amerika selatan,

Ada beragam manfaat kacang hijau, mulai dari harganya yang relatif murah hingga dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang nikmat, selain itu, kacang hijau juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk mempercantik dan meningkatkan kesehatan tubuh.
Manfaat kacang Hijau,

  • Menceganh Penyakit Jantung
  • Mencagah kangker
  • Kaya Protein
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  • Membantu Menurunkan Berat badan
  • Mengurangi Efek PMS (sindrom pramenstnuasi)
  • Melancarkan Pencernaan
  • Mencerahkan Wajah dan Mengurangi Jerawat
  • Membersihkan Tubuh dari racun

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Lengkap Makanan Sehat"

Post a Comment