7 Makanan Khas Jawa Barat yang harus kamu coba, Serius Enak

KUPAT TAHU SINGAPARNA


Kabupaten tasikmalaya terkenal dengan Kupat Tahu Singaparna,  makanan Khas tasikmalaya ini memang banyak dijual diseluruh  wilayah jawa barat bahan - bahan dari Kupat Tahu Singaparna ini adalah  potongan Tahu, Ketupat,  dan tauge yang sudah direbus, sajian ini bisanya disajikan menggunkan kerupuk bawang.

Tahu panas setengah matang ,rasa asin dan manis sedikit asam terasa dan touge, bumbu kacang dan kerupuk menjadikan kupat Tahu ini menjadi jajanan sarapan yang banyak didatangi pembeli, harga dari Kupat ini cukup mudah hanya Rp. 12000 untuk satu porsi.

PEDESAN ENTOG


Kbupaten Indramayu memiliki makanan khas pesesan entong, makanan ini berbahan utama danging entong, pedesan entong ini cocok untuk anda yang suka kuliner yaang pedas-pedas, kuliner khas indramayu awalnya hanya disajikan pada acara hajatan didesa desa kini mulai populer bahkan takhanya didaera asalnya, karena didaerah sekitarnya adalah kota Cirebon juga mulai banyak yang menjual Pedean entong ini,

 entong sendiri merpakan unggas yang masih bersaudara dengan bebek               akan tetapi memiliki bulu yang berbeda dari bebek, sejumlah daerah menyebutnya dengan entog, untuk rasa pedasnya entong memakai campuran cabai dan marica  sehingga rasa pedanya yang menendang dimulut.Pedesan entong untuk satu porsinya Rp. 20.000 saja,

HUCAP


Kabupaten kuningan memiliki hucap sebagai menu sarapan mereka, beraneka ragam budaya nusantara menjadaikan memiliki beranekaragam menu masakan, menjadkan makanan khas yang turut memperkaya kuliner nusantara, misalnya seperti dikuningan masyarak mengenal hucap sebagai salah satu menu ang kerapdi jadikan aat sarapan.

Hucap merupakan pangan yang mengkombinasikan tahu putih dengan ketupat sebagai bahan dasarnya, tahu yang di gunakan juga merupakan produksi lokal kuningan yang padat dan gurih. hal yang mempengaruhi rasa hucap adalah siraman saus kacang, setelah ditambahkan kecap dan taburan bawang goreng , hucap sudah siap dijadikan menu sarapan. mengunjungi kota kuningan memang tidak lengkap jika belum mencoba meu makanan yang satu ini.

Kata hucap adalah singkatan dari tahu kecap dimana komposisi bahan sajiannya terdiri dari ketupat, tau kuningan, sayur labu, dan beberapa pelengkap seperti taburan bawang merah dan kerupuk, sepintas mungkin menu sarapan ini mirip dengan sayur lontong atau ketoprak namun tentu sangat berbeda sekali.

Saat ini banyak orang yang berjualan hucap dikawasan kabupaten kuningan sehingga kamu tidak akan kesulitan saat mencari makanan yang satu ini,  hucap suah terkenal di bagian kuningan para pendatang luarpun banyak yang dan  datang untuk mencoba menu makanan ini.

Hucap memiliki rasa yang sangat khas dan cocok sekali untuk lidah orang indonesia, karena bumbu kacangnya yang harum dan gurih serta kecap manis yang legit memberikan citra rasa yang berbeda, maka sangat pantas apabila hucap ini dijadikan sebagai makanan kuliner.

TAUCO


cianjur punya makanan khas yang populer sudah merambah hingga seantero indonesia adalah tauco yang kerap sekali digunakan sebagai bumbu masakan, tauco terbuat dari biji kedelai yang diolah sedemikian rupa dan telah melalui proses fermentasi.

Cianjur bisa menjadi salah satu tempat wisata yang menakjubkan,  tidak hanya itu kamu dapat berburu oleh - oleh yang cukup legendaris di cianjur. Tauco biasanya digunakan untuk cocolan ketika m akan tahu atau lumpia, bahkan sebagai bahan masakan.
harga untukk 1 botol Tauco dengan ukuran 350 ml dibandrol dengan harga Rp. 16.000 sedangkan ukuran 200 ml hanya Rp. 12.000,

Pemilik Tauco Cap Meong
Tauco Cap meong ini pertama kali dikeluarkan oleh seorang peria keturunan tionghoa bernama Tan Ken Hian, bisnis ini tetap bertahan hingga generasi ke - 4 jika kamu ingin berkunjung ke tokonya berada di desa Cijedil, Kecamatan Cugenang


Tauco dapat disimpan bertahun - tahun tidak akan basi atau rusak selama penyimpanannya tidak terkena air mentah ataupun terkontaminasi dengan bahan organik linnya,

 KAREDOK


Karedok merupakan makan Khas daerah jawa barat, makanan ini sangat unik dan paporit bagi wisatawan yang gemar dengan sayuran, karena semua sayuran yang digunakan  dalam keadaan segar sehingga kandungan gizi dan seratnya sangat banyak,  makanan ini berasal dari desa karedok , jawa barat, sebuah perkampungan yang terletak di seberang sungai cimanuk.

Kalau orang - orang yang tinggal di daerah bandung mungkin sudah tidak asing lagi dengan  makanan ini , bahkan mereka sangat gemar mengkonsumsi makanan yang satu ini, makanan ini sudah jarang ditemukan diluar jawa barat .

makanan khas jawa barat ini biasanya dijual bersama dengan gado-gado sahabat testy, Karedok ini memiliki rasa yang unik karena perpaduan dari kencur dan saus kacang dicampur menjadi satu, makanan ini sekarang tidak susah ditemukan di wilayah bandung , karena bayak dijual di warung makan yang kecil sampai  rumah makan yan gbesar.

 MAKARONI PANGGANG


makaroni adalah makanan khas jawa barat cocok untuk camilan bagi siapapun, makanan ini sangat  ramah bagi kalangan wisatawan lokal dan luar negri,  didaerah pulau jawa makanan yang satu ini sangat terkenal sudah ada di manan-manan dipulau jawa dan khususnya di  jawa barat,

Makaroni panggang ini lebih besar dan panjang dibandingkan dengan makaroni dari jawa barat ini, bedanya dengan makaroni yang lain makaroni yang ini ditaburi keju untuk menambah kelezatan makaroni khas jawa barat ini,

ASINAN BOGOR


asinan bogor mempunyai tiga varian yaitu asinan buah, asinan sayuran, asinan buah san sayuran, untuk sayuran sering digunakan yaitu touge dan kol. sedangkan untuk buahnya menggunakan bengkuan, jambu, salak, dan nanas. harga dari asinan bogor ini adalah Rp10.000 sampai dengan Rp. 15.000.

Ciri Khas dari anisan bogor ini adalah dibuat dari kuah cabai merah, warana kuah dari asinan ini merah karena terbuat dari cabai dan yang pastinya akan membuat kuah menjadi bertambah pedas yang di campur dengan potonagan buah dan sayuran.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan Khas Jawa Barat yang harus kamu coba, Serius Enak"

Post a Comment