Resep Membuat Rica-rica Entok Itik Dan Tips Empuk

Resep Membuat Rica-rica Entok Itik Dan Tips Empuk

Entok atau itik merupakan jenis unggas berkaki dua yang agak mirip dengan bebek . daging entok atau itik ini ternyata dapat diolah menjadi hidangan yang special . contohnya seperti resep rica-rica entok itik yang akan riwayatkuliner.com bagikan kali ini . dagingnya yang aga alot dibandingkan dengan daging ayam , mempunyai kenikmatan tersendiri saat menikmati dagingnya .

Ternyata dalam mengolah daging entok atau itik ini bukan perihal yang sulit . kuncinya anda harus memilih entok yang masih muda , agar saat di olah dagingnya tidak alot atau kerasa . mungkin dirumah makan atau kedai entok , anda terkadang menjumpai daging entok yang bertekstur keras . ya itu terjadi karena pemilihan daging entok atau itik yang salah .

Selain pemilihan daging entok yang digunakan sebagai rica-rica entok . kunci kenikmatan dalam rica-rica entok sendiri ada di dalam sambal rica-rica nya . rasanya tidak makyus bukan , jika kita sudah benar mengolah dagingnya namun sambal rica-rica nya dapat dibilang kurang lezat . kenikmatan sang rica-rica entok itik pun akan di rasa tidak makyus .

Jadi anda juga harus perhatikan betul bumbu-bumbu yang anda gunakan dalam membuat rica-rica entok . dalam resep ini tentu saja kita akan menggunakan bumbu rempah asli khas indonesia yang biasa anda gunakan sehari-sehari . anda tidak akan kesulitan dalam mencari bahan-bahan yang digunakan , karena kami yakin bumbu-bumbu tersebut sudah tersedia di dapur anda . nah , untuk lebih jelas dari bahan-bahan yang digunakan dan cara membuat nya silahkan simak artikel resepnya dibawah ini .

Bahan-bahan Rica-rica Entok :

  • Entok atau itik 1 ekor ( di potong-potong sesuai selera )
  • Minyak goreng secukupnya ( digunakan untuk menumis )
  • Air matang 150 mili liter
  • Daun jeruk nipis 5 buah
  • Air jeruk nipis 1 sendok makan

Bahan Tumisan Rica-rica Entok :

  • Serai 2 batang 
  • Bawang merah 8 butir ( dirajang tipis )
  • Daun salam 1 buah

Bumbu Halus Rica-rica Entok :

  • Cabai merah 10 buah ( bisa di tambah atau dikurangi sesuai selera )
  • Cabai rawit merah 10 buah ( bisa di tambah atau dikurangi sesuai selera )
  • Bawang putih 6 siung
  • Jahe 3 centi meter

Cara Membuat Rica-rica Entok :

  1. Langkah awal tumis semua bahan tumisan hingga bawang merah matang dan terlihat agar kecoklatan . 
  2. Selanjutnya tuang bumbu halus dan daun jeruk ke dalam tumisan , tumis hingga tercium aroma harum .
  3. Setelah itu masukkan potongan daging entok , aduk-aduk hingga rata sekitar 3 menit .
  4. Tuang air , aduk sebentar , lalu tutup wajan . biarkan hingga air agat asat atau menyusut dan bumbu meresap ke daging . ( jangan gunakan api kecil dalam proses ini , agar daging empuk )
  5. Terakhir tuangkan air jeruk nipis , aduk hingga rata . biarkan hingga air benar-benar menyusut atau berair sedikit . ( sesuai selera )

Tips Agar Daging Entok Empuk Dan Tidak Bau Amis 

Seperti yang kami katakan di atas tadi bahwa kami akan membagikan tips mengolah entok agar empuk dan baunya tidak amis . hal ini rahasianya cukup sederhana karena sangat mudah sekali untuk mengatasinya . penasaran ? oke tak panjang lebar lagi , ini dia cara membuat olahan entok agar tidak bau amis dan dagingnya empuk .

Tips Agar Daging EntoK Empuk :

  • Belilah entok dengan umur yang tidak terlalu tua , kurang lebih berumur 3 bulan ( entok seperti ini , biasanya disebut itik )

Tips Agar Daging Entok Tidak Amis :

  • Pertama lumuri semua bagian daging entok dengan menggunakan jeruk nipis
  • Yang kedua buang lendir-lendir yang paling banyak terdapat didalam tubuh entok tersebut .
  • Lalu yang ke tiga buang bagian brutu karena bagian ini sulit sekali bagian dalamnya dibersihkan .

Selesai , itulah proses pembuatan rica-rica entok itiknya . dari resep atau bahan-bahan yang dibutuhkan , cara membuat dan tips dalam mengolahnya agar empuk dan tidak bau amis . semoga dengan adanya Resep Rica-rica Entok yang kami bagikan kali ini , akan memudahkan anda dalam memasak rica-rica entok atau itik sendiri dirumah . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Rica-rica Entok Itik Dan Tips Empuk ini langsung dari dapur anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Membuat Rica-rica Entok Itik Dan Tips Empuk"

Post a Comment