Resep Membuat Bolu Karamel Coklat Tanpa Oven

Resep Membuat Bolu Karamel Coklat Tanpa Oven

Resep bolu tanpa oven yang mudah di buat dirumah akan kami bagikan kali ini . resep bolu karamel coklat tanpa oven ini tentu saja menjadi salah satu bolu pilihan bagi anda yang tidak mempunyai oven dirumah . Untuk saat ini bagi anda yang tidak memiliki oven dan mixer tak perlu berkecil hati . karena sekarang banyak sekali aneka resep kue atau bolu yang tidak menggunakan mixer atau oven dalam pembuatannya .

Seperti bolu karamel coklat ini , bisa menjadi referensi pilihan saat anda ingin membuat bolu yang mudah . untuk menyiasati oven , kita akan memprosesnya dengan di kukus . anda hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit dalam mengukusnya untuk mendapatkan hasil yang terbaik . cukup singkat dan tidak memerlukan waktu yang lama dalam memproses bolu karamel coklat kukus ini bukan ? selain itu , bahan-bahan yang digunakan juga cukup mudah di dapat dan terjangkau dimana-dimana .

Anda tak akan kesulitan dalam mencari bahan-bahan yang digunakan dalam resep membuat bolu karamel coklat tanpa oven atau kukus ini . anda dapat mencari bahan-bahan yang digunakan di toko tempat bahan kue tradisional ataupun di toko tempat bahan kue modern . kunci dalam pembuatan bolu karamel coklat ini tentu saja adalah karamel atau air gulanya . anda harus berhati-hati dalam membuat karamel tersebut .

Karena anda harus benar-benar memperhatikan bolu karamel coklat yang anda buat , agar rasanya manis legit sempurna . karena bisa jadi jika dalam membuat karamel nya gosok , rasa bolu karamel coklat ini terasa sedikit pahit . tentu saja anda tak ingin membuat kue bolu yang jauh dari bayangan anda bukan ? selain itu , anda juga harus memilih gula pasir dengan kualitas yang bagus , agar rasanya manis legit sempurna .

So , tak panjang lebar lagi ya teman , untuk kalian yang ingin membuat kue bolu karamel namun tidak mempunyai oven . silahkan simak baik-baik resep dan cara membuat nya di bawah ini . kami yakin , jika anda mengikuti langkah demi langkah dalam membuat bolu karamel ini dengan baik , anda dapat membuat bolu karamel coklat ini dengan sempurna . selamat mencoba :)

Bahan Karamel Bolu Karamel Coklat :

  • Gula pasir 75 gram
  • Air 100 mili liter

Bahan-bahan Bolu Karamel Coklat :

  • Minyak goreng 25 gram
  • Putih telur 200 gram
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Emulisifier ( sp / tbm ) 1/2 sendok makan
  • Gula pasir 75 gram
  • Tepung terigu protein sedang 100 gram
  • Cokelat bubuk 25 gram
  • Susu bubuk 25 gram
  • Baking powder 1/2 sendok teh

Cara Membuat Bolu Karamel Coklat : 

  1. Untuk Karamel : gosongkan gula pasir , lalu tuangi air sedikit demi sedikit sambil di aduk-aduk hingga larut . angkat lalu dinginkan .
  2. Untuk bolu : langkah awal kocok putih telur , garam dan emulsifier hingga setengah mengembang . lalu tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil di kocok hingga mengembang .
  3. Setelah itu masukkan tepung terigu , cokelat bubuk , susu bubuk dan baking powder bergantian dengan sebagian karamel sambil diayak dan di aduk-aduk hingga rata .
  4. Selanjutnya tuang sisa karamel dan minyak goreng , aduk perlahan . kemudian tuang di dalam loyang tulban berdiameter 20 centi meter yang sebelumnya sudah di olesi dengan minyak . 
  5. Terakhir kukus 20 menit dengan menggunakan api sedang hingga matang .

Catatan : Loyang Tulban adalah loyang cincin atau loyang yang ada lubang di tengahnya sehingga membentuk adonan memutar seperti cincin . biasanya loyang ini berbentuk bundar dan beraneka ragam ukuran dan diameternya .

Untuk anda yang baru belanjar membuat bolu karamel , tentu saja anda akan sedikit mengalami kesulitan untuk membuat karamel yang halus dan tidak gosong . karena kasus kebanyakan dalam membuat bolu karamel ini saat membuat karamelnya sering banyak yang gosong . oleh karena itu kami akan membagikan Tips agar anda dapat membuat karamel dengan kualitas yang bagus yaitu tidak gosong dan halus . Tipsnya sebagai berikut.

Tips Agar Karamel Tidak Gosong Dan Halus :

Seperti yang sudah kami katakan di atas , dalam membuat karamel ini anda harus berhati-hati agar hasil akhirnya halus dan tidak gosong sehingga tidak merubah rasa sang gula pasir atau karamel . sebelum memasak karamel , ada baiknya kalian memperhatikan tips yang harianresep.blogspot.com bagikan kali ini agar karamel and atidak menjadi gosong seperti di bawah ini .

Resep Membuat Bolu Karamel Coklat Tanpa Oven  Resep Membuat Bolu Karamel Coklat Tanpa Oven ( Kukus )

  • Pertama , gunakan gula pasir yang putih dan bersih . jika anda akan mencampurkan bahan lain selain gula , harus berhati-hati ya . karena campuran selain gula akan gosong terlebih dahulu sebelum gulanya meleleh . ini dapat menyebabkan karamel anda akan terasa pahit dan teksturnya tidak halus .
  • Kedua , jangan diaduk meskipun sudah cukup meleleh , ada kemungkinan kristal gula masih ada disana . jika diaduk , anda justru akan membuat karamel anda mengkristal . goyang-goyang panci sebagai ganti mengaduk .
  • Selanjutnya jangan ragu saat mengangkat karamel dari kompor karena saat karamelnya telah mencair , suhu karamel menjadi sangat tinggi dan cepat sekali menjadi gosong jika terus dipanaskan . oleh karena itu , begitu air sudah mencair keseluruhnya , angkat karamel tersebut dari api . lalu goyang-goyangkan panci saat tidak dipanaskan agar karamel anda tidak gosong . saat proses ini anda akan mencium bau lembut karamel dengan warna yang tetap keemasan .
  • Terakhir setelah di aduk , masukkan air panas atau beberapa bongkah mentega dan goyangkan lagi hingga seluruh bahan tercampur dengan rata . selanjutnya panaskan lagi sejenak untuk meratakan karamel . pastikan air atau mentega yang dimasukkan juga sudah bebas dari kotoran atau cemaran lainnya agar hasil karamel tetap bersih dengan kualitas bagusnya .
Itulah Bahan-bahan , cara membuat dan tips dalam membuat bolu karamel coklat tanpa oven ( kukus ) nya , cukup mudah bukan ? selamat mencoba dan berkreasi sendiri. 
NB : Resep ini dibuat Untuk 12 potong bolu karamel coklat saja , jika anda ingin membuatnya lebih banyak atau sebaliknya silahkan tambahkan atau kurangi bahan-bahan yang digunakan tersebut sesuai dengan takaran yang kami berikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Membuat Bolu Karamel Coklat Tanpa Oven "

Post a Comment