Resep Keripik Kentang Pedas Manis Renyah

Resep Keripik Kentang Pedas Manis Renyah

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi resep keripik yang terbuat dari kentang yang tentu saja enak dan renyah . sebenarnya resep keripik kentang pedas manis ini merupakan camilan yang serba guna . karena selain enak di makan begitu saja , keripik kentang juga enak sekali sebagai teman nasi .

Keripik kentang , kentang goreng atau yang terkenal dengan potato chips ini merupakan camilan dari nenek moyang yang populer hingga saat ini . rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukainya . untuk jaman dulu keripik kentang memang hanya di goreng kering lalu di taburi dengan garam saja . namun karena kemajuan jaman dan ibu-ibu sekarang banyak yang kreatif , sehingga saat ini keripik kentang memiliki beberapa pilihan rasa .

Seperti keripik kentang manis , keripik kentang rasa baberque , keripik kentang rasa jagung bakar , atau keripik kentang pedas hingga super pedas seperti kreasi dari keripik kentang maicih . Untuk keripik kentang maicih jika dirasa-rasa pedasnya berasal dari taburan bubuk cabai kering ya . jadi terkadang jika ada yang tidak telalu suka pedas , tenggorokan kaya yang terbakar . tapi untuk yang doyan pedas mah , beeeh mau pedas level berapa juga hayuu saja ya .

Nah , maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Resep Keripik Kentang Pedas Manis yang di tujukan bagi anda yang suka camilan pedas namun dikombinasikan dengan rasa manis . penggunaan bumbu alami dengan cabai yang segar dan aneka bumbu lainnya membuat keripik kentang ini memiliki rasa yang enak dan renyah . salah satu camilan keluarga yang enak dan murah meriah , karena menggunakan bahan utama kentang yang memiliki harga yang cukup terjangkau .

Selain bahan-bahan yang digunakan terjangkau dimana-mana , cara membuat keripik kentang pedas manis ini juga sangat mudah . anda tidak akan kesulitan dalam membuatnya , namun anda harus mengikuti beberapa Tips Dan Trik dari kami agar menghasilkan keripik kentang yang renyah dan tahan lama . lalu apa saja sih Bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuat keripik kentang pedas manis ini ? untuk lebih jelas , yuck segera disimak Resep Keripik Kentang Pedas Manis nya seperti berikut ini .

Bahan-bahan Keripik Kentang Pedas Manis Renyah :

  • Kentang 1 kilo gram ( pilih kentang yang bewarna kuning )
  • Daun jeruk 4 lembar ( buang tulangnya , iris tipis )
  • Gula pasir 125 gram
  • Kaldu bubuk rasa ayam 1 sendok teh
  • Bawang putih 6 siung ( geprek lalu cincang halus )
  • Bawang merah 10 butir ( diiris tipis )
  • Air 50 mili liter

Bumbu Halus Keripik Kentang Pedas Manis Renyah :

  • Cabai merah keriting 10 buah
  • Cabai rawit merah 8 buah
  • Garam 1 sendok teh
  • Mata asam jawa 4 buah ( buang bijinya )
  • Minyak goreng 5 sendok makan ( digunakan untuk menumis )

Cara Membuat Keripik Kentang Pedas Manis Renyah :

  1. Langkah awal , iris tipis atau serut kentang dengan alat pasah . lalu rendam kentang ke dalam wadah yang berisi air dan sedikit garam . kemudian cuci dan ganti air rendaman dengan air bersih tanpa garam sebanyak 2x atau sampai air menjadi bening . hal ini bertujuan agar saat digoreng , kentang terpisah dan tidak menggumpal .
  2. Selanjutnya panaskan minyak , lalu masukkan beberapa genggam kentang yang sebelumnya sudah ditiriskan . goreng kentang hingga matang dan kering dengan menggunakan api sedang , angkat dan tiriskan . lakukan hingga kentang habis .
  3. Setelah itu panaskan 5 sendok minyak goreng , masukkan bawang merah iris dan bawang putih yang sudah digeprek , tumis hingga tericum aroma wangi dan matang . lalu masukkan bumbu halus dan daun jeruk yang sudah disiapkan tadi . tambahkan gula , kaldu ayam , dan air . cicipi , jika ada yang kurang silahkan tambahkan sesuai selera . masak bumbu hingga air menyusut , mengental dan berambut . matikan api . 
  4. Terakhir masukkan kentang yang sudah digoreng kering tadi , aduk hingga bumbu merata .
  5. keripik kentang pedas manis siap disajikan . 

Tips Dan trik Membuat Keripik Kentang Yang Awet Renyah :

  • Pertama , pilihlah kentang yang bewarna kuning , masih segar , keras dan tidak layu . karena kentang yang berwarna putih lebih banyak memiliki kandungan air nya , sehingga tidak cocok dijadikan keripik kentang atau potato chips . Jika anda suka membuat kentang goreng ala MCD atau french fries pastikan gunakan kentang kuning agar lebih renyah seperti pada Resep keripik kentang pedas manis ini .
  • Jangan lupa rendam irisan kentang dengan air garam , kemudian dicuci hingga airnya bersih atau bening . hal ini bertujuan Agar kentang tidak saling lengket satu sama lain pada saat digoreng .
  • Pastikan minyak yang digunakan untuk menggoreng keripik benar-benar panas . kemudian goreng sebentar hingga setengah kering , baru kecilkan api . masak hingga matang dan kering , tiriskan .
  • Selanjutnya agar keripik awet renyah dan tidak mudah melempem , jangan mencampur bawang merah dan bawang putih bersamaan dengan bumbu halus . jadi caranya tumis dulu bawang hingga kering matang , baru deh masukkan bumbu halus beserta bumbu lainnya , proses hingga matang .
  • Selain kentang , anda juga dapat menggunakan bumbu pedas manis ini ke dalam keripik singkong , ubi ungu atau umbi lainnya . caranya jika anda menggunakan singkong dan ubi adalah dengan merendam irisan singkong dengan air hangat yang telah ditambahkan dengan sedikit baking powder dan kapur sirih selama 30 menit . kemudian cuci bersih dengan air 2 hingga 3 kali hingga air cucian bersih dan bening . lalu goreng dengan cara yang sama seperti pada saat menggoreng keripik kentang pedas manis ini .

Demikian Bahan-bahan Keripik Kentang Pedas Manis , Cara Membuat Keripik Pedas Manis , dan Tips Membuat Keripik Pedas Manis Agar Awet Renyah nya ,terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Keripik Kentang Pedas Manis Renyah"

Post a Comment